Teknologi Tepat Guna serta Keamanan Pangan dengan PIRT untuk meningkatkan Mutu dan Kualitas Produk.

Cimahi, 11 April 2017 Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Cimahi mengadakan Kegiatan Focus Group Discussion Identifikasi Kebutuhan Teknologi Tepat Guna (FGD TTG) Bagi Pelaku IKM Kota Cimahi. Dibuka secara resmi oleh Assisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Benny Achmad Bachtiar, M.Si yang dilaksanakan di Kawasan Cimahi Technopark. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mensosialisasikan serta menambah wawasan dan pengetahuan kebutuhan teknologi tepat guna bagi masyarakat pelaku UKM tentang perkembangan teknologi serta manfaatnya dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas produksi berbagai sector usaha. Anas Bunyamin Akademisi UNPAD serta Puji Agus Praktisi Teknologi Tepat Guna mengisi kegiatan FGD TTG ini.

Melihat jumlah penduduk di Kota Cimahi yang cukup banyak, maka permasalahan yang timbul pun akan semakin banyak. Salah satunya masalah penggaguran, dimana lapangan pekerjaan yang tersedia belum bisa menekan jumlah penggaguran di Kota Cimahi. Namun Pemerintah Kota mencoba  untuk menumbuhkan perekonomian dengan banyaknya jumlah penduduk di Kota Cimahi melalui kreatifitas dan inovasi.

“karena dalam prosesnya, para pelaku UKM mencoba untuk kritis terhadap penyelesaian masalah produksi yaitu dengan menentukan teknologi apa yang tepat guna untuk menumbuhkan produksinya” ucap Benny Achmad Bachtiar.

Kawasan Cimahi Technopark dibangun untuk memberikan atau memfasilitasi kepada masyarakat para pelaku UKM untuk mengembangkan usahanya. Cimahi Technoopark telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Kota Cimahi dan Bandung guna membantu dalam pelaksanaan program Cimahi Technopark itu sendiri.

Peserta yang mengikuti acara ini dari perwakilan dari Kelurahan dan Kecamatan di Kota Cimahi, Posyantek (masing-masing dari tiap kecamatan), perwakilan dari SMK, Komunitas IKM, Perguruan Tinggi serta dari Badan Perencanaan daeran dan Dinas Sosial Pengendalian Pendudukan dan KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Cimahi.

DSC_6525

Bersamaan dengan dilaksanakannya FGD TTG, Dinas Kesehatan Kota Cimahi melaksanakan Penyuluhan Keamanan Pangan Skala Industri Rumah Tangga PIRT di Kawasan Cimahi Technopark. Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber dari BPOM, UNPAS, DINKES Provinsi Jabar, MUI serta DISDAGKOPERIN Kota Cimahi. Dihadiri oleh 60 orang sebagai pelaku UKM di Kota Cimahi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s