Training Of Trainers PIB

Pengembangan Kapasitas Pengelola Pusat Inovasi Baros (PIB) dilaksanakan tanggal 05 April 2017 di Gedung Cimahi Technopark. Kegiatan ini dihadiri oleh BPPT, pesertanya ialah para ASN bidang terkait dilingkungan Pemerintah Kota Cimahi. Narasumber Pertama dalam kegiatan ini adalah Hadi Santoso (Manager DILo Bandung). Digital Innovation Lounge, bertempat di Gedung Balemotekar, Jln. Banda. no.40, 40115, Dilo (Digital Inovation Lounge) sebuah Creative Camp yang dikembangkan oleh MIKTI bekerja sama dengan Telkom, sebagai pusat interaksi peminat dan pelaku industri kreatif digital di kota Bandung yang bertujuan menciptakan bibit-bibit Digital Preneur yang selanjutnya siap masuk ke industri (Creative Center). Didalam Creative Camp, komunitas kreatif digital akan diberikan pemahaman mengenai arah yang sebaiknya dilalui untuk masuk ke industri kreatif digital, termasuk arah sektor industri yang potensial untuk dijalani. Beberapa aktivitas yang dilakukan DILo Bandung yaitu Workshop/Training Teknis, Workshop/Training Desain, Workshop/Training Manajemen, Business Matchmaking, Business Gathering, dan Kompetisi Lokal. Beberapa kegiatan ini menjadi gambaran bagi sebuah pengembangan Cimahi Technopark untuk kedepannya. Fasilitas yang disediakan bagi digitalpreneur di DILo Bandung, diantaranya co working space, meeting room, lounge dan juga high speed internet access.

Narasumber kedua yaitu Fajar Anugerah dari Kinara Indonesia. Dalam awal pemamparannya, para peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan permasalahan. Beberapa diantaranya permasalahan mengenai modal, program yang baik untuk perkembangan Cimahi Technopark. Fajar Anugerah mencoba sharing tentang bagaimana membangun start up dan tentang modal ventura.

Dua program utama Cimahi Technopark yaitu program incubator dan akselerator. Berhasilnya kedua program ini menjadi tolak ukur perkembangan Cimahi Technopark untuk kedepannya. Saat ini di Cimahi Technopark telah dilakukan secara rutin pendampingan untuk start up bidang digital (telematika dan animasi) setiap minggunya. Selain itu bersama dengan Dinas Perdagangan KUKM dan Perindustrian, Cimahi Technopark melakukan kegiatan akselerator seperti yang telah dilaksanakan yaitu kegiatan fasilitasi desain label dan kemasan untuk UMKM dan juga TOT pendampingan untuk UMKM.**

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s