PENYELENGGARAAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PENDAMPING UKM KELURAHAN

Cimahi, 06 April 2017 Dinas Perdagangan KUKM dan Perindustrian Kota Cimahi menyelenggarakan pelatihan Kewirausahaan untuk Pendamping UKM Kelurahan. Dilaksanakan di Gedung Cimahi Technopark Jl. Raya Baros No. 78 Cimahi Selatan, yang dihadiri oleh 15 orang Calon Pendamping UKM yang sebelumnya telah dipilih dari masing-masing kelurahan domisili pendamping.

Sawiji, S.Si., S.Pd (Pendamping KUKM Provinsi Jawa Barat) sebagai Narasumber dalam kegiatan pelatihan ini menyampaikan materi tentang Peran dan Fungsi Strategis Pendamping. Dalam pemaparannya, beliau berpendapat bahwa fungsi pendampingan adalah memberikan bimbingan, konsultasi, dan advokasi kepada pelaku UMKM dalam rangka meningkatkan produktvitas dan daya saing. Akademisi dari STIE Ekuitas, Yuyus Yudistria, SE., ME turut menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan ini. Disampaikan dalam pemaparannya yaitu bagaimana teknik pendampingan dan pelaporan hasil pendampingan yang harus dilakukan oleh pendamping UKM.

Dalam proses pendampingan terdapat beberapa unsur yang harus diperhatikan yaitu bagaimana pendamping dapat menumbuhkan kepercayaan pelaku UKM, membangun kepercayaan, membentuk tim kerja kelompok, identifikasi dan mobilisasi sumber, bagaimana meningkatkan kapasitas, serta melakukan evaluasi setelah selesai pelaksanaan.

Jumlah pelaku skala usaha Mikro sangat banyak di Kota Cimahi, yang kemudian diikuti oleh jumlah skala usaha kecil, skala usaha menengah dan skala usaha besar. Maka dari itu pendampingan untuk pelaku KUKM dinilai penting dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing dan juga meningkatkan perekonomian local di Kota Cimahi.**

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s