Soft Launching Cimahi Technopark

14721488_1808768886059164_6071778648063128649_n

Minggu, 23 Oktober 2016. Pemerintah Kota Cimahi menyelenggarakan Softlaunching Cimahi Technopark. Acara Softlaunching ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kawasan Cimahi Technopark serta beberapa program kegiatan didalamnya kepada masyarakat Kota Cimahi dan stakeholder terkait.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Walikota Cimahi, Ibu Hj. Atty Suharti Tochija, SE ini mengundang beberapa praktisi, stake holder, tokoh masyarakat, serta kalangan akademisi dari :

  1. ITENAS
  2. UNJANI
  3. UNIKOM
  4. Politeknik TEDC

Kehadiran akademisi ini untuk mempersiapkan program bersama dalam rangka pengembangan kawasan Cimahi Technopark serta pengembangan program-program kewirausahaan yang rencananya akan diselenggarakan secara berkesinambungan oleh Pemerintah Kota Cimahi dengan melibatkan beberapa perguruan tinggi sesuai dengan bidang dan kapasitasnya masing-masing.  Selain itu, kegiatan softlaunching Cimahi Technopark ini juga dihadiri oleh Kepala Puslitbang Perumahan & Pemukiman Kementerian Pekerjaan Umum,  serta Direktur Pusat Teknopreneur & Kluster Industri Badan Pengkajian dan Pemanfaatan Teknologi (BPPT), Dr. Ir. Dudi Iskandar M. For Sc.

Kehadiran pejabat pemerintah pusat serta dukungan Perguruan Tinggi yang berkualitas, akan membawa angin segar terhadap peningkatan ekonomi Masyarakat Kota Cimahi melalui program-program yang ada di Cimahi Technopark, baik itu kegiatan yang sifatnya inkubator maupun kegiatan yang sifatnya akselerator. Kedepan, diharapkan seluruh kegiatan yang sifatnya untuk membangun perekonomian masyarakat dan perekonomian Kota akan dipusatkan di kawasan Cimahi Technopark.

Kegiatan Soft Launching Cimahi Technopark juga sekaligus memberikan tanda kelulusan bagi Peserta Technopreneur Camp 2015 dengan legalistas usaha, mereka adalah :

img-20161023-wa0022

  1. Udochi
  2. Cipageran Milk
  3. Gambite Studio
  4. Aksara Creative Room
  5. Basmal Ma-Sues
  6. Wafa Indonesia
  7. Pasagi Craft
  8. Warung Cetakan

Kedelapan tenant technopreneur camp ini mendapatkan kemudahan dalam rangka mendapatkan izin usaha untuk melanjutkan usahanya. Kedepan, rencananya kegiatan technopreneur ini akan dijalankan lebih terstruktur dan melibatkan banyak praktisi agar dapat memaksimalkan hasil akhir dari kegiatan inkubator ini. Selain itu, dengan adanya penandatangan PKS BPPT dengan OPD Pemerintah Kota Cimahi diharapkan bahwa kegiatan technopreneur camp kedepan dapat mendapatkan bantuan yang maksimal dari Pemerintah Pusat melalui BPPT RI.

Dalam kegiatan ini, diselenggarakan juga Sosialisasi Technopreneur Camp 2017 yang bertujuan untuk memberikan pemahaman program inkubasi (technopreneur) yang akan dilaksanakan Pemerintah Kota Cimahi pada tahun 2017,  sehingga masyarakat / peserta dapat secara aktif bertanya apa manfaat dan keberlanjutan dari kegiatan Technopreneur Camp yang seleksinya akan mulai dilaksanakan pada bulan November 2016 mendatang. Selain itu, ada kegiatan Gugus Kendali Mutu yang memberikan kesempatan kepada IMKM untuk memperbaiki operasional produksinya dengan swadaya dengan hanya bantuan dari fasilitator. Hal ini sangat sejalan dengan Program Pemerintah dimana para pengusaha kecil diminta juga untuk aktif kedalam dalam memperbaiki kualitas produksinya, tidak hanya mengandalkan bantuan dari Pemerintah. Para IMKM yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias mengikuti kegiatan hingga akhir acara.

Kegiatan berikutnya adalah bantuan / fasilitasi kemasan bagi produk UMKM, yang dikerjasamakan dengan balai Kemasan Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini pula rencananya akan bersifat rutin untuk membantu para pengusaha kecil memperbaiki bentuk dan tampilan kemasannya agar menarik di mata konsumen.

Program dan Kegiatan pada Kawasan Cimahi Technopark akan menitik beratkan kepada Peningkatan minat dan kualitas Kewirausahaan pada masyarakat Kota Cimahi yang bergerak pada bidang animasi digital telematika, kuliner, kerajinan, tekstil produk tekstil dan kluster lainnya. Tentunya semua berharap, dengan kehadiran kawasan Cimahi Technopark dapat memberikan manfaat yang nyata kepada kesejahteraan masyarakat Kota Cimahi. Dengan dukungan dari perguruan tinggi, praktisi, manajemen ekonomi pemerintah Kota Cimahi, serta Masyarakat Kota Cimahi itu sendiri, kemajuan tersebut akan terwujud.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s