Cimahi Technopark dan Internet of Think (IoT)

IMG_20160420_213802

Masih dalam kegiatan Kesesuaian Skema dan Risiko Permodalan Untuk Bisnis Ekraf Melalui Diskusi dan Paparan Bisnis (Eksisting atau Start Up) Oleh Pelaku / Asosiasi/Komunitas Ekonomi Kreatif, Cimahi Technopark bertemu dengan Founder and CEO, PT. Dycode Cominfotech Development.

Dycode Cominfotech Development adalah pengembang software asal Bandung yang berdiri sejak tahun 2007. Dycode didirikan atas ketidakpuasan melihat industri software development pada saat itu. Pria lulusan Jurusan Fisika ITB tersebut meilai, kala itu banyak software house yang lebih berorientasi pada penyelesaian proyek tanpa memperhatikan kualitas dan teknologi.

DyCode pun didirikan dengan fokus kepada pengembangan software berbasis Microsoft.NET., namun melihat perkembangan industri mobile, sejak tahun 2008 DyCode juga serius menggarap aplikasi berbasis iOS (dan belakangan Android). Hal ini sejalan dengan prinsip dasar DyCode yang merupakan singatan dari Dynamic Code. Sejak awal, nilai yang DyCode anut adalah berkomitmen membuat produk yang menggunakan teknologi terkniki.

Disinilah DyCode memperkenalkan tentang IoT (Internet of Think), Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan’ IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT.Dan kini IoT menjadi salah satu tugas bagi seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi.

DyCode berharap, Kota Cimahi dengan dukungannya yang besar terhadap industri kreatif, dapat menjadi Kota yang pertama mengenalkan dan mengembangkan IoT ini. Karena DyCode mengakui bahwa SDM dari Kota Cimahilah yang banyak dipekerjakan di DyCode yang membantu DyCode dalam mengembangkan teknologi dan bisnisnya.

Cimahi Technopark siap mengenal lebih jauh tentang IoT ini, dan berencana akan membahasnya lebih lanjut dengan DyCode dan praktisi praktisi lain di bidangnya. Dan mencari solusi teknis dalam pengembangan IoT di Kota Cimahi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s