POTENSI ANIMASI SMKN 2 CIMAHI

Menindaklanjuti Hasil Expose perwakilan SMKN 2 Cimahi didepan Walikota Cimahi dan beberapa unsur Dinas pada tanggal 11 April 2016, UPT Cimahi Technopark menyambut langsung untuk mengetahui kondisi lapangan di SMKN 2 Cimahi. Kunjungan tim UPT Cimahi Technopark ke SMKN 2 Cimahi adalah untuk menginventarisasi potensi animasi yang ada di Kota Cimahi.

Berdasarkan informasi yang diterima, SMKN 2 Cimahi telah mengadakan Jurusan animasi ini selama 4 (empat) tahun, namun pada tahun 2016 baru ada 2 (dua) angkatan. Namun, dengan angkatan pertama dengan jumlah 34 orang, beberapa diantaranya telah menjadi animator handal yang dipercaya oleh berbagai pihak. Dari 34 orang lulusan animasi SMKN 2 Cimahi, ada beberapa yang melanjutkan kuliah dan sebagian lainnya telah bekerja di studio-studio animasi yang tersebar di Bandung, Jakarta, Batam dan Bali.

Selain itu, angkatan ke 2 jurusan animasi SMKN 2 Cimahi telah menerima banyak sekali pesanan animasi dari berbagai pihak. Salah satunya adalah dilibatkan dalam pembuatan video mapping Jawa Barat. Yang sedang di lakukan adalah pesanan dari Kepolisian Singapura.  Dengan SDM yang terbatas, hanya 2 guru dan 8 kontrak yang terdiri dari alumni-alumni SMKN 2 Cimahi angkatan pertama, mereka mencoba bersaing pada pasar animasi di Indonesia.

Keberadaan Cimahi Technopark dan keberpihakan Pemerintah Kota Cimahi terhadap pengembangan kluster telematika khususnya di Bidang Animasi, membuat pihak SMKN 2 Cimahi sangat bersemangat untuk terus berkiprah menghasilkan SDM-SDM berkualitas pada bidang animasi. Cimahi Technopark sendiri menawarkan kerjasama dan pengisian gedung Cimahi Technopark yang rencananya akan selesai pada akhir Tahun 2016 ini.

Pihak SMKN 2 Cimahi menyatakan siap berperan serta dalam program inkubasi bisnis yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi yang bertempat di kawasan Cimahi Technopark. Dan untuk kegiatan bisnisnya, SMKN 2 Cimahi telah memiliki K.69 yang merupakan perkumpulan / asosiasi yang bergerak di bidang animasi serta menyatakan siap untuk berkantor di kawasan bisnis baros (Gedung BITC). Dengan berkantor di BITC, diharapkan K.69 dapat mendirikan Unit bisnis berbentuk CV/PT sehingga dapat dengan mudah menjalankan bisnis/pesanan animasi.

Dalam menjalankan kegiatan belajar-mengajarnya, SMKN 2 Cimahi menggunakan kurikulum 2013 yang dipadu padankan dengan kebutuhan industri di bidang animasi. Informasi Kebutuhan industri ini diperoleh dari para pengajar yang notabene adalah alumni SMKN 2 Cimahi yang telah bekerja pada studio studio animasi di Indonesia. Kedepan, Cimahi Technopark membuka pintu sebesar-besarnya untuk para animator yang ada di Kota Cimahi untuk bekerjasama dalam mengembangkan potensi animasi di Kota Cimahi.

Bagi masyarakat Kota Cimahi atau stakeholders terkait yang menemukan potensi penggiat telematika / animasi di Kota Cimahi dan belum tersentuh pembinaan/bantuan dari Pemerintah Kota Cimahi, dapat menghubungi kami di UPTD Cimahi Technopark melalui email : technopark@cimahikota.go.id, dapat melalui sosial media kami path (Cimahi Technopark), twitter (@CimahiTPark), facebook (Cimahi Technopark Page/Group) atau dapat langsung datang ke kantor sementara kami di Gedung BITC Baros Cimahi (Keluar Pintu Tol Baros). Peran serta aktif masyarakat, dapat membantu kami dalam mengembangkan potensi telematika di Kota Cimahi.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s